12.4 C
Los Angeles
April 7, 2020
Gantinama.com
Berita Harian Featured

Runtutan Kasus Aliran Sesat Tiket Surga Puang Lalang

tiket surga

Baru-baru ini Indonesia dibuat gempar dengan adanya seorang pria yang mengaku sebagai pilihan Tuhan dan menjual tiket surga untuk dapat masuk ke surga secara bebas dan mudah. Puang Lalang atau yang biasa dipanggil dengan Mahaguru Puang Lalang merupakan seorang pimpinan Tarekat Tajul Khalwatiyah Syekh Yusuf yang berada di Gowa, Sulawesi Selatan. 

Awal Kecurigaan MUI Gowa terhadap Tarekat Al Khalwatiyah

tiket surga
Puang Lalang, Pimpinan Tarekat

Kasus ini muncul di bulan Juni 2019, saat Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Gowa menganggap ada yang janggal dengan tarekat Al Khalwatiyah ini. Tarekat tersebut menjanjikan kepada calon pengikutnya bahwa dengan bergabung dalam tarekat tersebut, maka umurnya akan bertambah 15 tahun. Hal ini berhasil menarik ratusan pengikut Puang Lalang. Pengikutnya sendiri sudah tersebar di berbagai wilayah Gowa dan Takalar.  

Tidak cukup sampa di situ saja, sang pimpinan (Puang Lalang) juga mengaku dapat berbicara langsung dengan Tuhan. Dia berkata jika dapat bertemu Tuhan dan mengajukan permintaan secara langsung. Hal aneh semakin terlihat dari tarekat ini yaitu dengan adanya kitab selain Al-Quran. Dari berbagai hal aneh tersebut, KH Abubakar Paka (Ketua MUI Gowa) mengajukan agar kegiatan dari tarekat tersebut dihentikan. MUI Gowa sendiri telah melakukan 12x pertemuan untuk mengeluarkan fatwa dan isi dari fatwa tersebut menyatakan jika Tarekat Tajul Khalwatiyah Syekh Yusuf merupakan ajaran yang keliru (12/6//2019). 

Penolakan Fatwa MUI Gowa oleh Pimpinan Tarekat

tiket surga
Penangkapan oleh Kepolisian Gowa

Pada tanggal Rabu (11/9/2019), KH Abubakar Paka bersama dengan Ahmad Muhajir selaku FKUB Gowa mengajukan laporan kepada pihak kepolisian Gowa mengenai aliran sesat yang dipimpin oleh Puang Lalang. Laporan tersebut diajukan karena pihak terkait tidak mengindahkan fatwa MUI Gowa yang telah menyatakan bahwa aliran tersebut merupakan aliran sesat pada Juni 2019. 

Sebelumnya, Puang Lalang sendiri telah sepakat dengan keputusan fatwa MUI dan bersedia untuk dibina ke jalan yang benar. Akan tetapi hal tersebut hanya berlangsung selama 2 hari dan kemudian pihak Puang Lalang menolak dengan fatwa yang dikeluarkan. 

Menurut Muh Fajri Mustafa selaku Wakil Polres Gowa menyebutkan bahwa laporan yang diajukan terkait dugaan penistaan agama, penipuan, penggelapan, serta pencucian uang, nikah, talak, dan rujuk yang mengacu pada UU No 22 tahun 1946. Kuasa hukum dari Puang Lalang juga melaporkan balik terhadap MUI Gowa dengan dugaan pembubaran dan penghinaan pada tarekat yang dipimpinnya.

Modus Tiket Surga untuk Menarik Calon Anggotanya

tiket surga
Proses Identifikasi Polisi Gowa

Senin (4/11/2019) Polres Gowa merilis pers mengenai kasus tersebut. Pada pers tersebut diinformasikan bahwa tarekat yang dipimpin oleh Puang Lalang telah berdiri sejak tahun 1999 dan memiliki ratusan pengikut. Dalam pers tersebut dikatakan bahwa calon anggota diwajibkan untuk membayar Rp 10.000 hingga Rp 50.000 untuk dapat bergabung dan secara otomatis akan mendapatkan tiket untuk masuk ke surga. 

Puang Lalang juga mewajibkan para pengikutnya untuk membayar zakat badan dengan membayar sebesar Rp 5000 per kilogram berat badan. Polres Gowa telah melakukan identifikasi terkait motif yang dilakukan oleh Puang Lalang yaitu untuk mendapatkan keuntungan melalui ajaran tersebut. Dana yang diperoleh dari penjualan kartu surga serta pembayaran zakat badan ini nantinya akan masuk ke kantong Puang Lalang. Modus yang dilakukan oleh Puang Lalang adalah dengan mempengaruhi dan mendoktrin para pengikutnya yaitu janji akan keselamatan dunia dan akhirat. 

Saat ini, Puang Lalang sendiri telah ditetapkan resmi sebagai tersangka dalam kasus penistaan agama sejak 31 Oktober 2019 lalu. Penyebar ajaran sesat ini terancam hukuman penjara 5 sampai dengan 20 tahun. 

Related posts

Review Samsung Galaxy Note10 Aura Pink Si Cantik yang Powerful

Anggun

Nikmati Promo Menarik Penjualan iPhone di Jaringan Ritel Erajaya Group!

Anggun

Profil Haris Azhar, Si Aktivis Yang Cinta Negara

Anggun

Leave a Comment