12.4 C
Los Angeles
April 7, 2020
Gantinama.com
Berita Harian Featured

Tak Melulu Negatif, Ini Sisi Positif Kontroversi Anggaran DKI Jakarta 2020 

Anggaran DKI Jakarta 2020

Dunia media sosial tanah air kembali hangat dengan isu kontroversial dari rancangan anggaran pemerintah provinsi Jakarta tahun 2020 mendatang. Banyaknya kejanggalan dan nominal tidak masuk akal, membuat publik ramai menelisik kebenaran dari rancangan anggaran ini. Namun, tidak selalu bersifat negatif, karena jika kita mau melihat lebih jernih dan dekat, kontroversi Anggaran DKI Jakarta 2020 ternyata memiliki sisi positifnya sendiri loh.

Awal Mula Gaduhnya Anggaran DKI Jakarta 2020 

Anggaran DKI Jakarta 2020
Awal Mula Kontroversi Anggaran Keuangan

Memang benar jika media sosial menjadi suatu media yang sangat efektif untuk menyebarkan media atau berbagai bentuk informasi lainnya. Penyebaran yang ada di media sosial juga berlangsung sangat cepat dan seolah tanpa batas. Tidak terkecuali dengan kontroversi anggaran DKI Jakarta ini. 

Berawal di Twitter, salah satu anggota PSI atau Partai Solidaritas Indonesia, William Aditya mempertanyakan adanya nominal ganjil dalam rancangan APBD. Temuannya secara langsung ia tuliskan bersumber pada hasil upload rancangan APBD di situs resmi pemprov DKI Jakarta. 

Ada banyak sekali usulan yang disorot oleh masyarakat karena dianggap tidak masuk akal baik dari segi sifat bendanya dan dana yang dibutuhkan. Seperti pengadaan lem aibon sebesar 82 miliar, pengadaan ballpoint atau pulpen 123 miliar. Kemudian, pengadaan komputer 121 miliar. 

Sisi Positif Kontroversi Rancangan Anggaran Jakarta 2020 

Berbagai reaksi masyarakat pun muncul akibat kontroversi anggaran ini. Dan walaupun terkesan berkonotasi negatif karena melibatkan kontroversi, akan tetapi ada sisi positif yang muncul akibat kasus ini. Beberapa sisi positif ini diantaranya:

1. Sikap Masyarakat yang Semakin Kritis 

Tanpa disadari, reaksi dan komentar beragam dari warganet mengenai anggaran DKI Jakarta 2020 menjadi bukti kritisnya masyarakat. Tidak hanya tinggal diam, melihat adanya kejanggalan yang melibatkan kepentingan rakyat masyarakat juga semakin kritis dalam menyampaikan pemikiran dan aspirasi mereka. Tentunya hal ini merupakan suatu hal yang baik karena berarti kesadaran masyarakat akan pentingnya keterlibatan mereka dalam proses pembuatan kebijakan publik adalah penting untuk dilakukan. 

Selain itu, hal ini juga menjadi sinyal positif bahwa masyarakat mulai mau terlibat dalam proses politik atau pemerintahan. Dengan begini, hubungan antar masyarakat dan pemerintah yang berwenang pun tidak hanya terjadi satu arah, melainkan dua arah dengan saling memberikan feedback yang baik.

Anggaran DKI Jakarta 2020
Postingan William Aditya

2. Membuat Birokrat Harus Semakin Bertanggung Jawab 

Dengan ramainya persoalan anggaran keuangan pemerintah provinsi DKI Jakarta tersebut, juga membuat para pejabat harus semakin bertanggung jawab. Hal ini menjadi penting karena rakyat akan senantiasa menjadi pengawal dalam setiap perumusan kebijakan publik. Apalagi yang berkaitan dengan uang yang notabenenya melibatkan kepentingan banyak pihak. 

Justru, kasus ini bisa menjadi cerminan apakah para pejabat atau birokrat yang bekerja sudah menyelesaikan tugas mereka secara baik dan tanggung jawab atau belum. Selain itu, menjadi ajang introspeksi diri dan penilaian kinerja dari para pejabat itu sendiri.

3. Membabat Benih Korupsi dan Penyelewengan Anggaran 

Tidak dapat dipungkiri perumusan anggaran selalu menjadi ladang berbahaya bagi penyelewengan dana dan korupsi yang ada di Indonesia. Dengan adanya temuan kejanggalan yang ada di Anggaran DKI Jakarta 2020 itu, maka benih korupsi dapat dihindari dengan lebih baik lagi. Karena sebelum ada korupsi, berbagai nominal ganjil yang tidak masuk akal sudah ditangani dan dibabat habis. Sehingga memperkecil celah para pejabat yang tidak bertanggung jawab untuk menggelapkan dana. 

Nah, itulah beberapa sisi positif yang hadir di tengah kontroversi Anggaran DKI Jakarta 2020 tersebut. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kalian ya! 

Related posts

Profil Haris Azhar, Si Aktivis Yang Cinta Negara

Anggun

Foto Ijazah Rusak Karena Banjir? Gedung Arsip Solusinya!

Anggun

Vivo V17 Pro dengan “6 Kamera” pertama di Dunia

Anggun

Leave a Comment