15.7 C
Los Angeles
February 23, 2020
Gantinama.com
Berita Harian Featured

Foto Ijazah Rusak Karena Banjir? Gedung Arsip Solusinya!

gedung arsip nasional

Pada perayaan tahun baru 2020 hujan lebat mengguyur ibukota Jakarta dengan derasnya, alhasil dengan curah hujan yang tinggi banjir tidak terelakkan lagi. Semua bencana khususnya banjir pasti mengakibatkan banyak kerusakan, mulai dari rumah, jalan, kendaraan, dokumen berharga serta sejumlah arsip-arsip penting keluarga seperti foto ijazah rusak. Namun jangan khawatir ANRI selaku lembaga kearsipan nasional membuka layanan perbaikan dokumen penting yang rusak karena banjir bertempat di gedung arsip nasional.

Restorasi Foto Ijazah Rusak di Gedung Arsip Nasional

Layanan restorasi dokumen ini merupakan sebuah bentuk kepedulian ANRI selaku lembaga kearsipan terhadap banjir Jakarta 2020 yang bisa berpotensi merusak dokumen penting warga. Sebelum melakukan restorasi atau perbaikan foto ijazah rusak, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Wajib Membawa Identitas Diri

foto ijazah rusak
Setiap Masyarakat Harus Membawa Identitas Diri Asli

Bagi masyarakat yang berniat untuk merestorasi “memulihkan” kembali dokumennya yang rusak akibat banjir wajib membawa identitas diri asli “bukan fotocopy” untuk mendapatkan pelayanan ini.

Jadwal Restorasi

foto ijazah rusak
Masyarakat Bisa Langsung Mendatangi Gedung Arsip Nasional

Waktu pelayanan ANRI dimulai pukul 08.00-15.00 pada hari Senin-Jumat bertempat di Gedung ANRI Jl.Ampera Raya No.7 Cilandak Jakarta Selatan. Masyarakat bisa mendatangi langsung gedung arsip nasional untuk merestorasi dokumen mereka. 

Bukan Hanya Memperbaiki Foto Ijazah Rusak

Update Terbaru Pelayanan Arsip Melalui Akun Instagram ANRI

Melalui akun sosial medianya Arsip Nasional Republik Indonesia menginformasikan bahwa layanan ini bukan hanya memperbaiki arsip keluarga dan foto ijazah rusak. Contoh arsip penting yang dapat diperbaiki diantaranya adalah akta perkawinan, akta kelahiran, kartu keluarga, KTP, sertifikat tanah dll.

Arsip Asli Harus Dibawa

foto ijazah rusak
Masyarakat Harus Membawa Dokumen Asli yang Rusak

Masyarakat yang ingin memperbaiki dokumen wajib membawa dokumen asli bukan dalam bentuk fotocopy/laminating. Dalam kondisi separah apapun kerusakannya masyarakat harus membawa arsip asli tersebut ke gedung ANRI. Jangan sampai membawa dokumen yang sudah di fotocopy atau sudah dilaminating. 

Aturan Maksimal Restorasi Per Kepala Keluarga

Aturan Jumlah Restorasi Arsip Per Kepala Keluarga

ANRI membatasi jumlah dokumen bagi tiap keluarga yang hendak merestorasi dokumennya yakni maksimal 10 lembar. Proses pemulihan pun terbilang cukup cepat. Proses ini dapat ditunggu dalam waktu 1 hari saja dan bisa langsung dibawa pulang.

Kesimpulan

ANRI menyadari pentingnya sebuah dokumen bagi warga negara. Dengan adanya layanan restorasi arsip keluarga ini diharapkan juga mampu meringankan beban sekaligus mempermudah masyarakat yang terkena banjir. Bagi masyarakat yang hendak memperbaiki arsipnya seperti foto ijazah rusak, dapat langsung ke gedung arsip nasional dengan membawa persyaratan yang sudah disebutkan diatas.

Related posts

Acara Niagahoster 2019: Media Gathering & Product Launch “WordPress Store”

Anggun

Review Samsung Galaxy Movie Studio Untuk Buat Film

Anggun

Nikmati Promo Menarik Penjualan iPhone di Jaringan Ritel Erajaya Group!

Anggun

Leave a Comment