18.8 C
Los Angeles
October 18, 2019
Gantinama.com
Featured Tips & Trik

Bensin Motor Boros? Ini Dia 10 Alasan dan Solusinya!

Pada zaman sekarang, kendaraan sepeda motor semakin banyak diminati oleh masyarakat. Yup, saat ini kebanyakan masyarakat pasti akan lebih memilih menggunakan sepeda motor saat bepergian. Salah satu alasannya tentu karna bisa lebih menghemat waktu.

Berbicara soal sepeda motor, kalian pasti sangat jengkel ya guys ketika tahu bensin motor ternyata cepat habis. Padahal, kalian baru saja mengisi bensin. Nah, pada artikel berikut ini kita akan membahas beberapa faktor yang menyebabkan bensin motor kamu menjadi boros. Heum, kira-kira apa saja ya? Langsung saja yuk, disimak artikelnya!

Faktor Penyebab Bensin Motor Boros dan Solusinya!

Berikut ini beberapa faktor dan solusi untuk kalian yang sedang mengalami jengkelnya bensin motor boros. Disimak baik-baik ya guys!

1. Kapasitas Mesin Terlalu Besar

Mesin Terlalu Besar

Sudah menjadi hal umum, bahwa semakin besar kapasitas mesin maka akan semakin besar pula powernya. Hal tersebut sudah pasti akan membuat pemakaian bensin menjadi lebih banyak.

Jadi, solusinya sangat mudah nih guys. Kalau kalian ingin bensin yang irit, maka pilihlah motor yang memiliki kapasitas mesin rendah.

2. Menggeber Motor

Menggeber Motor

Kalian para anak racing, pasti selalu melakukan hal yang satu ini saat mengendarai sepeda motor. Yup, menggeber-geber motor. Kebiasaan tersebut sudah tentu bukan hal yang baik loh.

Saat kalian menggeber-geber motor, maka gas akan keluar secara mendadak. Hal tersebut lah yang membuat bensin motor kamu menjadi sangat boros. Jadi, hindari menggeber-geber motor ya guys. Selain merugikan diri sendiri, hal tersebut juga akan membuat orang lain sangat jengkel loh. Hehe

3. Ventilasi Tutup Tangki Rusak

Ventilasi Tutup Tanki

Pada tutup tangki terdapat ventilasi yang berfungsi untuk menetralkan tekanan di dalam tangki. Jika setelah isi bensin kalian tidak menutupnya kembali dengan rapat, maka bensin akan menguap melalui ventilasi tersebut dan menyebabkan bensin kamu menjadi cepat habis.

Untuk memastikan ventilasi tutup tangki dalam keadaan baik , kalian bisa melakukan pengecekan. Yaitu, coba cek ujung ventilasi tutup tangki yang biasanya ujung ventilasi mengarah ke karburator. Jika pada ventilasi tersebut ternyata banyak bekas tetesan bensin, itu artinya ventilasi tutup tangki sudah rusak.

4. Selang Bocor

Selang Motor Bocor

Seperti yang sudah umum diketahui, selang pada motor terbilang sangat pendek. Karna hanya menghubungkan tangki yang posisinya lebih tinggi ke karburator. Jika selang tersebut salah jalur, retak atau Fitting nya lemah, maka akan mengakibatkan kebocoran dan pemborosan pada bensin.

Solusi untuk permasalahan ini sangat mudah, kamu cukup mencari dimana letak kebocorannya. Bagian yang bocor, pasti akan terlihat basah dan kotor karna pengendapan debu. Setelah itu, coba bersihkan. Namun, jika tidak fisik selang ini sudah mengalami kebocoran yang parah, kalian harus langsung menggantinya ya guys.

5. Menumpuknya Kerak Pada Karbon

Kerak Karbon

Setelah kita melakukan pengapian sistem, sudah pasti akan meninggalkan sisa-sia kerak karbon. Jika kita tidak langsung membersihkan, sisa-sisa kerak karbon tersebut menumpuk pada bagian ruang bakar mesin. Nah, penumpukan kerak karbon inilah yang menyebabkan bensin motor kamu menjadi boros.

Perlu kalian ketahui, karbon-karbon tersebut muncul karena pemilihan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi motor loh guys. Sebelum kalian menggunakan motor tersebut, sebaiknya kalian tanya terlebih dahulu jenis bahan bakar apa yang digunakan.

6. Pengapian Sistem

Pengapian Sistem

Busi merupakan salah satu komponen yang digunakan untuk mengatur pengapian sistem. Jika api yang dihasilkan busi kecil, pasti akan menghasilkan pembakaran yang kurang ideal dan kinerja mesin pun akan menurun. Saat kinerja mesin menurun, tarikan motor akan menjadi berat. Alhasil, kalian pasti akan menarik gas lebih kencang. Hal itulah yang menyebabkan bensin motor menjadi cepat habis.

Jadi, kalian harus selalu memastikan busi ini tidak mengalami karat atau kurang air. Nah, untuk mengeceknya kalian bisa memasang busi pada chopnya. Setelah terpasang, dekatkan ke dalam blok pada mesin dan nyalakan electric starter. Jika terdapat percikan api, itu artinya busi masih dalam kondisi baik.

7.Pengaturan Karburator

Karburator Motor

Pada karburator terdapat dua sekrup (sekrup pengatur idle RPM dan pengatur angin) pada karburator motor. Pada saat pemasangan dua buah sekrup tersebut, harus benar-benar sesuai dengan pengaturan pabriknya. Karna, jika posisi pemasangan sekrup tersebut tidak sesuai, itu akan menyebabkan bensin motor kamu menjadi boros.

Untuk memastikan apakah posisi pemasangan sudah tepat atau belum, kalian bisa lakukan pengecekan. Yaitu, dengan cara memutar sekrup pengaturan angin dengan level maksimal lalu pada idle RPM dengan level minimal.

8. Suhu Mesin Tidak Seimbang

Suhu Motor Tidak Seimbang

Alasan lain yang membuat bensin motor kamu menjadi boros yaitu, suhu mesin yang tidak seimbang. Kalian harus tahu nih guys, bahwa suhu pada mesin sangat mudah tercampur dengan suhu udara yang masuk. Pada saat suhu mesin rendah maka suhu diluar pasti akan lebih besar.

Hal tersebut membuat suhu mesin menjadi tidak seimbang, akibatnya bensin akan mengendap di dinding intake manifolfd. Karena ketidak seimbangan mesin inilah yang akhirnya membuat bensin kamu menjadi boros.

Jadi sebaiknya, kalian memanaskan motor terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Minimal 1 menit ya guys.

9. Filter Udara Kotor

Filter Motor Kotor

Pada benda apapun, filter udara memiliki fungsi yang sama. Yaitu, sebagai penyaring udara dari debu dan kotoran. Tapi, jika kalian tidak rajin membersihkannya sudah pasti saringan debu dan kotoran tersebut akan mengendap di bagian permukaan filter.

Akibatnya, bensin kamu akan menjadi cepat habis karena bensin tersebut terhisap oleh kevakuman pada ruang setelah piston. Jadi, sebaikanya kalian harus lebih rajin membersihkan filter udara pada mesin motor ya guys.

10. Kendurnya Rantai Motor

Rante Motor Kendur

Penyebab bensin motor cepat habis yaitu kendurnya rantai motor. Loh apa hubungannya ya? Saat rantai motor kendur, maka ketegangan mesin motor akan meningkat. Hal tersebut akan menyebabkan tarikan motor menjadi berat.

Nah, ketika rantainya kendur motor kalian pasti akan bekerja 2 kali lipat dari normal. Karena itulah bensin kalian akan lebih banyak keluar dan menjadi cepat habis. Mulai sekarang, coba lebih memperhatikan rantai motor dari pada doi ya guys. Hehe

So, gimana guys? Semoga info-info pada artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membaca ya.. Jika ada kritik dan saran, silahkan tulis di kolom komentar.

Baja Juga Artikel Manarik Berikut Ini!

Related posts

Profil Haris Azhar, Si Aktivis Yang Cinta Negara

Anggun

Pantau Aktivitas Anak, Review Imoo Watch Phone Z5!

Evi Erviana

Menawan dan Klasik ASUS VivoBook A409, Review!

Evi Erviana

Leave a Comment